4 Tips dan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula!

BAB1 : Memahami Dan Merancang Susunan Blog

Story Highlights

  • Cara membuat blogspot
  • Cara membuat blog pribadi
  • Cara membuat blog di blogger
  • Cara membuat blog berpenghasilan

IM – Cara membuat blog gratisan dari platform blogger tentunya sudah sangat hangat di indonesia. Bahkan juga sangat populer di era internet saat ini. Karena setiap orang bisa membuat blog gratis dengan mudahnya di platform blogger tersebut. Bukan hanya itu saja blogger juga menawarkan fitur-fitur yang sangat menarik dari segi domain yang akan aktif selamannya dan juga bisa memberikan icome bagi mereka yang sudah memiliki blog dengan kualitas yang baik.

Blogger juga menawarkan tampilan blog yang cukup banyak dan juga anda bisa merubah tampilan blog anda sesuai keinginan anda sendiri. Ada banyak template gratisan dari para pengembang template blogger yang di bagikan secara gratis. Banyak juga yang memanfaatkan blog gratisan ini untuk membuat blog pribadi, jualan product, bahkan untuk mgengadu nasib mencari penghasilan disana.

Persiapan Dan Merancang Blog

Cara membuat blog sangatlah mudah karena blogger masih keluarga dari google, anda hanya memerlukan email google (email@google.com). Jika anda belum memiliki email google, anda bisa membaca cara dan juga membuatnnya disini. Tapi anda juga harus memiliki alat pendukung juga seperti; smartphone/komputer, jaringan internet dan juga materi yang akan anda tuliskan di blog anda nantinya.



Dari pengalaman saya dan juga para blogger pemula lainnya, saya disini akan memberikan langkah dan cara membuat blog dengan urutan terbaik. Agar anda tidak mengalami penyesalan dikemudian hari seperti apa yang pernah saya alami saat pertama kali terjun ke dunia blog. Kebannyakan website lain memberikan cara membuat blog hanya cara mendaftar blognya saja. Dan setelah anda mendaftar blog, anda akan mengalami masalah-masalah yang akan anda alami dan berujung penyesalan di kemudian hari. Apa saja sih masalah-masalah tersebut?

Berikut masalah yang sering di alami blogger pemula

  1. Website susah terindex google
  2. Spam index atau duplikat kontent
  3. Kualitas SEO yang rendah
  4. Artikel susah menduduki halaman pertama google
  5. Website tanpa pengunjung organik.

1. Blog susah terindex google

Satu masalah ini sangat-sangat membuat anda malas untuk meneruskan website anda nantinya. Dengan tidak terindexnya website anda, hal ini akan membuat anda frustasi dan apa tujuan yang anda harapkan dari anda anda akan hilang begitu saja.

2. Spam index atau duplikat kontent

Kebanyakan bloger pemula sering kali menganti topik atau menghapus artikel dan menduplikat ulang suatu halaman setelah anda mengetahui beberapa tips seo yang pastinya akan anda pelajari nanti.

3. Kualitas seo pada blog yang rendah

Setiap halaman website dan juga artikel yang ada di website tersebut memiliki kualitas seo yang berbeda-beda dengan kualitas seo yang buruk dari sebuah website. Akan lebih susah di temukan orang lain dalam search engine.

4. Artikel susah menduduki halaman pertama google

Seperti rangkuman mengenai kualitas seo yang buruk diatas pastinya website dan juga artikel anda akan susah menduduki halaman utama google. Jika web anda adalah website pribadi itu tidak masalah namun jika website anda adalah website tentang jasa atau penjualan produk? pengunjung pasti akan memilih jasa yang terlihat di halaman pertama google.

5. Blog tanpa pengunjung organik.

Untuk yang terahir adalah kekecewaan anda membuat blog tersebut sepi pengunjung, dengan anda membagikan link website anda di social media apakah mampu melebihi pengunjung organik yang disediakan oleh google setiap detiknya? namun jika anda bisa menduduki halaman pertama google dengan Keyword yang anda tentukan pastinya akan lmembuat website anda ramai pengunjung tanpa mengiklankan website anda

Maka dari itu disini saya akan memberikan sebuah konsep terbaik bagaimana cara membuat blog berpenghasilan dengan langkah yang akan saya susun rapi di situs shepoh ini.

Tentukan Nice atau Tema Blog Sesuai Hobi

Karena blog bersifat continue, dan anda harus siap memberikan jawaban dari para komentar blog anda mengenai konten yang anda publikasikan. Anda juga harus memiliki sekil dari apa yang anda tulisakn untuk para pembaca, agar para pembaca menemukan jawaban dari apa yang mereka cari dari situs anda.

Jika tulisakan diblog anda sesuai hobi anda hal ini tidak akan membuat anda kebingungan untuk menjawab pertanyaan yang akan ada dikomentar anda nanti. Situs blog anda nantinya juga tidak hanya menerbitkan satu kontent atau artikel saja melainkan terus menerus agar situs anda akan lebih diminati pengunjung dan juga dinilai baik oleh google. Dengan adanya hobi yang anda miliki anda tidak akan kesulitan untuk membuat kontent-konten berikutnya.

Menentukan Nama Domain dan  Nama Blog

Menentukan nama website cukup mudah namun ada juga nama website yang potensial dan juga tidak. Kebanyakan website kelas atas menggunakan kosakata pada nama situs web mereka seperti merdeka, detik, kincir dan masih banyak lainnya.

Hal ini berpotensi untuk mencari visitor tambahan di halaman utama anda kebannyakan blog pemula menggunakan nama situs mereka dengan namnaya sediri dan itu memang tidak masalah namun untuk lebih baiknya saya sarankan menggunakan kosa kata yang memiliki pengunjung tersendiri. Terus bagaimana cara menemukan kosakata yang memiliki pengunjung? anda bisa menggunakan trik seperti anda mencari keyword yang akan saya bahas di bawah ini.

Atau anda juga bisa menggunakan domain yang lebih berpotensial untuk blog anda yang akan langsung memiliki pengunjung. dengan menggunakan domain bekas atau sering disebut Aged Domain. Seperti sebuah toko roti yang sudah memiliki banyak pelanggan namun mereka harus tutup toko karena kontrak lahan yang tidak di perpanjang dan jika anda membuka toko roti dilahan tersebut otomatis pengunjung yang berlangganan di toko yang sudah tutup tadi akan membeli roti di toko roti anda.



Namun ada kekurangan dari Aged domain itu sendiri yaitu anda tidak bisa menentukan nama domain sendiri. Tapi kebanyakan website yang ingin cepat berpenghasilan memilih aged domain karena lebih cepat mendapatkan pengunjung dan juga icome. Bukan hanya itu anda juga harus mengeluarkan biyaya untuk membeli domain TLD

Tidak semua aged domain itu bisa digunakan secara maximal karena aged domain ini harus memiliki reputasi baik dan juga score-score yang baik pula. Karena inilah banyak penjual aged domain dengan harga yang lebih tinggi dari pada registrasi domain biasa, antara 25-5000$ tergantung kualitas domain tersebut. Terus dimana anda bisa mendapatkan aged domain tersebut? anda bisa mendapatkanya Disini dan jika anda memilih untuk membeli aged domain anda harus memilih domain yang memiliki nice sama dengan apa yang anda tentukan tadi.

Menentukan Keyword Pada Artikel Blog

Kenapa tidak langsung saja membuat blog? dan artikel ini mungkin tidak sesuai apa yang anda cari tentang cara membuat blog. Karena saya pernah mengalami penyesalan dimana blog yang telah saya bangun tidak memiliki pengunjung dan membuat saya merasa tidak semangat membuat artikel lagi.

Pernah saya membuat blog dengan konten campuran dan disutu saya memiliki visitor ke satu konten yang tidak terlalu saya mengerti. Pada ahirnya saya harus menghapus semua artikel yang tidak berpengunjung. Dan setelah saya meneruskan kontent yang saya tidak mengerti ahirnya kontent saya berhenti ditengah jalan dan bingung apa yang akan saya tulis lagi. karena menurut saya keyword ini sangat penting untuk keberlangsungan blog anda. Saya sarankan anda untuk menentukan keywordnya terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara mencari keyword yang memiliki banyak pengunjung? berikut ini cara paling mudah untuk mencari keyword. Dengan bantuan Neilpatel website ini memberikan suggesti yang sangat berguna unutuk blog anda. Anda bisa menemukan beberapa keyword dengan hobi yang anda miliki dan juga analisa berapa pengunjung yang akan masuk ke blog anda jika kontent anda sudah berada di halaman utama google. Berikut ini cara menggunakan mencari keyword menggunakan Nailpatel (Ubersuggest).

cara-membuat-blog
Masukan keyword yang anda cari kemudian pilih bahasa di sebelah kanan dan klik search

cara-membuat-blog
Diatas menunjukan persaingan untuk setiap keyword cari keyword yang memiliki keterangan easy

cara-membuat-blog
Cari keyword yang memiliki visitor terbanyak kemudian anda catat di note pad atau sejenisnya

    Setelah anda menemukan keyword berpengunjung, catat dan tambahkan kata penghubung agar terlihat unik juga tidak di anggap duplikat kontent oleh google. Hal ini akan lebih memudahkan artikel anda di halaman pertama google. Kemudian simpan di notepad atau sejenisnya terlebih dahulu. Saran saya anda harus menemukan minimal 10 keyword yang sesuai dari keyword utama anda (pengunjung paling banyak). Dari 10 artikel inilah yang nantinya akan membuat salah satu artikel anda bisa menduduki peringkat utama google di kayword yang anda inginkan.

    Cara Membuat Blog di Blogger ( Blogspot )

    Siapkan terlebih dahulu langkah diatas untuk melanjutkan cara membuat akun blog dari blogger.com setelah langkah di atas sudah anda lakukan dan anda sudah menentukan idea untuk konsep blog anda sendiri, langkah selanjutnya dalah membuat akun blog.

    Langkah Membuat Blog di Blogger

    1. Buka Blogger.com
    2. Login blog atau klik Buat blog
    3. Masukan Email dan Password
    4. Masukan Nama anda atau Nama blog
    5. Klik lanjutkan ke Blogger
    6. Klik buat Blog baru
    7. Masukan Nama dan Alamat blog
    8. Pilih Template blog yang anda suka
    9. Klik Buat blog

    Untuk detail dan pemahaman lebih lanjut untuk membuat akun blog anda bisa baca di cara membuat blog bab 2. Karena di artikel Cara Membuat Akun Blog akan lebih memperjelas anda, karena telah saya lengkapi dengan gambar yang mudah di pahami

    Show More

    Gofar Ahmad

    Blogger biasa yang ingin memanfaatkan waktu luang untuk hal positif.

    Related Articles

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    18 − three =

    Close
    Close

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker